Diskon 15% hemat hingga 200 ribu di pesanan pertama untuk Hair Loss atau Acne! Gunakan promo: DISKON15 Diskon 15% hemat hingga 200 ribu di pesanan pertama untuk Hair Loss atau Acne! Gunakan promo: DISKON15 Diskon 15% hemat hingga 200 ribu di pesanan pertama untuk Hair Loss atau Acne! Gunakan promo: DISKON15
Hubungi Kami
CART
CART
Jika anda sudah melakukan konsultasi atau memiliki akun, silakan Login disini.
NOTE: Jika sudah memiliki akun Elio, silakan login dengan email dan password yang sama.
Next step
Jawab pertanyaan dokter
Isi kuisioner singkat agar dokter dapat meninjau permasalahan kamu.
Selesaikan pemesanan
Selesaikan pemesananmu dan lakukan pembayaran.
Pengiriman cepat
Perawatanmu akan dikirim kemanapun kamu berada.
Dengan mengklik tombol Lanjut, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan dan Kebijakan Privasi yang berlaku.
CART
Login
Don’t have an account? SIGNUP

Biotin untuk Perawatan Rambut Rontok Pada Pria

Hair Loss
18 August 2020

Preview 30 Seconds

Siapa pun pasti jengkel dengan masalah kerontokan rambut. Termasuk pria. Perawatan rambut rontok sangat diperlukan agar rambut dapat tumbuh dengan baik dan sehat serta bebas dari masalah. Salah satu kandungan yang mampu menguatkan rambut rontok adalah biotin.

Apakah biotin itu dan bagaimana mendapatkan biotin yang cukup di dalam tubuh?

Rambut rontok jadi salah satu masalah rambut yang hampir sering dialami oleh banyak orang, baik pria maupun wanita. Penyebabnya pun berbagai macam, mulai dari faktor internal dari dalam tubuh maupun eksternal seperti pemakaian produk untuk rambut, styling, hingga perawatannya yang nggak maksimal.

Kita tahu bahwa tubuh, termasuk rambut, membutuhkan vitamin yang dapat menunjang kesehatan dan menjaganya agar tetap terawat. Salah satu vitamin yang dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan rambut adalah biotin atau Vitamin B7.

Apa Itu Biotin?

Para pria mungkin sudah nggak asing dengan biotin. Beberapa produk penumbuh jenggot atau brewok biasanya mengandung biotin.

Biotin merupakan vitamin yang terkenal untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan rambut. Selain itu, biotin juga membantu menjaga kesehatan mata, sistem saraf pusat, dan ginjal. Suplemen biotin juga biasanya digunakan untuk mengatasi masalah insomnia dan kelelahan akibat kekurangan biotin.

Biotin juga dikenal dengan vitamin H atau Haar dan Haut yang dalam Bahasa Jerman artinya Kulit dan Rambut. Biotin berfungsi menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Pada rambut, biotin dipercaya mampu menguatkan dan menebalkan rambut serta mengurangi kerontokan. Vitamin ini berperan dalam proses terjadinya metabolisme pada tubuh, terutama saat mengubah makanan menjadi energi.

Secara alami, biotin terkandung dalam makanan, seperti kuning telur, hati, kacang-kacangan, kedelai, jamur, almond, kembang kol, serta biji-bijian. Biotin juga dihasilkan tubuh oleh bakteri yang ada di usus. Ketika tubuh kamu sehat, maka produksi biotin akan meningkat dan maksimal.

Biotin untuk Perawatan Rambut Rontok

Meski belum banyak penelitian medis yang fokus pada kandungan biotin sehingga belum mencukupi data penelitian secara pasti, tapi dalam sebuah riset menyebutkan bahwa partisipan yang mengalami kerontokan rambut terbukti kekurangan biotin dalam tubuhnya. Namun, hal tersebut masih memerlukan riset lebih lanjut.

Biotin merupakan vitamin B kompleks yang berperan penting dalam perawatan rambut karena perannya dalam sintesis keratin. Zat tersebut merupakan protein utama dalam pembentukan struktur rambut dan memiliki kontribusi dalam kesehatan serta kekuatan batang rambut.

Pada pria, kerontokan rambut, terlebih kebotakan atau male androgenetic alopecia adalah kondisi di mana rambut mengalami kerontokan secara bertahap di beberapa bagian kepala sehingga menimbulkan kebotakan yang berpola. Kebotakan ini juga bukan hanya dialami oleh orang yang berusia 50 tahun saja, tapi juga pada pria yang masih muda dengan berbagai faktor pendukung.

Kadar biotin pada tubuh yang terlalu rendah bisa menyebabkan rambut sulit tumbuh dan menyebabkan kerontokan. Pada tubuh, biotin bereaksi pada enzim khusus yang berfungsi sebagai produsen asam amino yang bekerja untuk memproduksi protein. Zat utama pada rambut adalah keratin yang merupakan protein sehingga biotin dipercaya sebagai vitamin pendukung pertumbuhan rambut yang sehat dan kuat.

Beberapa makanan yang mengandung biotin juga mengandung beberapa vitamin pendukung lain yang juga membantu memelihara kesehatan rambut, salah satunya adalah vitamin A dan B6.

Makanan Sumber Biotin

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ada beberapa makanan yang mengandung biotin yang dapat dikonsumsi untuk menjaga kadar biotin dalam tubuh untuk merawat rambut rontok. Beberapa makanan tersebut adalah :

1. Kuning Telur Ayam

Pada kuning telur ayam, terdapat sejumlah kandungan biotin. Biotin pada kuning telur berfungsi dalam perkembangan embrio ayam. Kamu bisa mengonsumsi telur dengan memasaknya secara matang terlebih dahulu.

2. Keju

Pada sebagian besar produk yang terbuat dari susu mengandung biotin di dalamnya. Gorgonzola dan Camembert merupakan Sebagian jenis keju yang mengandung biotin paling banyak dibanding jenis keju lainnya.

3. Daging atau Hati Hewan

Hati ayam atau sapi mengandung tinggi biotin, yaitu sebanyak 27 sampai 35 mikrogram dalam 3 ons hati yang dimasak matang. Pada ikan, biotin ditemukan pada salmon dan sarden. 3 ons salmon yang direbus mengandung 4 sampai 5 mikrogram biotin.

4. Ubi Jalar

Dari sekian makanan jenis sayuran, ubi jalar menjadi salah satu makanan yang mengandung biotin tertinggi. Ubi jalar juga mengandung beta karoten yang bagus untuk kesehatan kulit. Ubi jalar bisa dikonsumsi dengan cara dipanggang atau direbus agar kandungan biotin di dalamnya tidak berkurang banyak.

5. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan, terutama almond, baik mentah, asin, atau dipanggang mengandung kadar biotin yang tinggi. Selain itu, ada kacang polong yang mengandung biotin. Mengonsumsi kacang-kacangan seperti kedelai, kacang tanah, kenari, dan kacang hijau, secara rutin bisa memberikan protein, vitamin E, dan biotin yang cukup untuk tubuh.

Kekurangan biotin bisa menimbulkan masalah, khususnya rambut. Maka, untuk kamu yang mengalami rambut rontok, perlu sekali untuk melakukan perawatan rambut rontok secara maksimal, baik dari dalam maupun dari luar. Selain mengonsumsi makanan yang mengandung kadar biotin, juga memilih produk perawatan rambut rontok secara rutin dan konsisten agar hasil maksimal dan bebas dari masalah rambut rontok.

Related Article