Diskon 15% hemat hingga 200 ribu di pesanan pertama untuk Hair Loss atau Acne! Gunakan promo: DISKON15 Diskon 15% hemat hingga 200 ribu di pesanan pertama untuk Hair Loss atau Acne! Gunakan promo: DISKON15 Diskon 15% hemat hingga 200 ribu di pesanan pertama untuk Hair Loss atau Acne! Gunakan promo: DISKON15
Hubungi Kami
CART
CART
Jika anda sudah melakukan konsultasi atau memiliki akun, silakan Login disini.
NOTE: Jika sudah memiliki akun Elio, silakan login dengan email dan password yang sama.
Next step
Jawab pertanyaan dokter
Isi kuisioner singkat agar dokter dapat meninjau permasalahan kamu.
Selesaikan pemesanan
Selesaikan pemesananmu dan lakukan pembayaran.
Pengiriman cepat
Perawatanmu akan dikirim kemanapun kamu berada.
Dengan mengklik tombol Lanjut, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan dan Kebijakan Privasi yang berlaku.
CART
Login
Don’t have an account? SIGNUP

Cara Atasi Maskne, Jerawat Akibat Penggunaan Masker

Acne
6 October 2020

Preview 30 Seconds

Sekarang masker merupakan must have item yang digunakan setiap orang. Setiap hari dan setiap waktu selama berkegiatan di luar rumah, wajib menggunakan masker. Bahkan di dalam ruangan pun wajib menggunakan masker.

Namun di balik semua itu, ada harga yang harus dibayar, yaitu munculnya jerawat akibat penggunaan masker, maskne. Maskne adalah istilah baru yang digunakan untuk menggambarkan jerawat yang muncul akibat penggunaan masker dalam jangka waktu yang lama.

Sejak pandemi COVID-19, memakai masker merupakan hal yang wajib dilakukan saat keluar rumah, bahkan saat berada di dalam ruangan atau kendaraan. Namun, bagi sebagian orang, memakai masker dalam waktu yang lama bisa menimbulkan jerawat pada area penggunaan masker.

Jerawat yang timbul akibat menggunakan masker ini disebut dengan maskne atau mask acne. Jerawat maskne terbentuk di area yang tertutup oleh masker, seperti hidung, pipi, dagu, serta area jambang dan sekitar rahang. Selayaknya jerawat pada umumnya, maskne bisa menimbulkan jerawat membandel dan meninggalkan bekas jerawat.

Penyebab Timbulnya Maskne

Menggunakan masker terus menerus dalam jangka waktu yang lama tentu akan membuat kulit bergesekan dengan permukaan masker. Hal itu bisa memicu timbulnya iritasi dan peradangan pada lapisan kulit.

Penggunaan masker kini nggak bisa ditinggalkan karena bahaya yang lebih besar mengintai kapan saja. Hal tersebut menjadikan kulit jadi semakin mudah untuk timbul jerawat dan jerawat yang sudah tumbuh pun semakin meradang.

Selain itu, saat kita berbicara dan menghela nafas, hawa panas akan terjebak dan membuat kulit menjadi lebih lembab dan kulit bagian yang ditutupi dengan masker menjadi kesulitan untuk bernafas seperti area kulit lainnya. Nah, hal itu menyebabkan kuman dan bakteri semakin mudah untuk tumbuh dan berkembang.

Sebetulnya, istilah maskne ini bukanlah hal yang baru. Dulu maskne hanya dialami oleh para tenaga kesehatan yang mana penggunaan masker dalam waktu lama hanya dilakukan oleh mereka. Namun, kini setiap orang sudah menggunakan masker sehingga maskne pun semakin dikenal khalayak umum dan dialami oleh banyak orang pula. Istilah medis untuk maskne adalah acne mechanica, yaitu kondisi kulit yang mengalami jerawat disebabkan karena pemakaian alat pelindung wajah, seperti masker, dalam waktu yang lama.

Cara Mengatasi Jerawat Maskne

Pada dasarnya, cara mengatasi jerawat itu sama saja, yaitu menjaga kebersihan wajah dan kelembaban kulit. Namun, praktiknya, mengatasi jerawat nggak semudah itu karena kondisi kulit dan tingkat keparahan jerawat tiap orang berbeda-beda.

Meski begitu, bukan berarti jerawat nggak bisa diatasi. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat maskne:

1. Gunakan masker dengan baik

Ini adalah hal pertama yang wajib kamu perhatikan untuk memulai langkah dalam mengatasi jerawat. Pastikan penggunaan masker dilakukan dengan baik.

Jika kamu menggunakan masker bedah, ganti masker jika sudah terasa lembab. Jangan gunakan masker berkali-kali, apalagi jika kamu pakai seharian penuh, wajib mengganti masker sesegera mungkin. Sediakan masker cadangan di dalam tas untuk kamu ganti di mana saja.

Sedangkan untuk masker kain, cucilah masker dengan bersih supaya nggak meninggalkan kotoran yang bisa menempel ke kulit wajah. Cuci masker menggunakan air panas untuk membunuh kuman.

2. Bersihkan wajah sebelum dan sesudah menggunakan masker

Menjaga kebersihan wajah adalah hal utama yang harus kamu lakukan dengan rutin. Bersihkan wajah dengan sabun pencuci wajah sebelum menggunakan masker.

Begitu pula saat kamu pulang dari berpergian, lepas masker dengan baik, jangan sampai bagian luar masker menyentuh permukaan wajahmu. Setelah itu, bersihkan wajah dengan menyeluruh, termasuk bagian bawah rahang yang tertutup masker.

3. Jangan menyentuh wajah saat menggunakan masker

Secara nggak sengaja, kadang kita menyentuh bagian depan masker. Bagian tersebut sudah menyerap banyak kotoran dan debu serta jika kamu sentuh maka kuman akan berpindah ke tangan. Ditambah jika setelahnya kamu juga menyentuh wajah, maka otomatis kuman dan kotoran akan berpindah ke kulit wajah.

Jangan menyentuh bagian depan masker. Jika kamu nggak sengaja menyentuhnya, segera cuci tangan atau gunakan hand sanitizer. Hentikan kebiasaan menyentuh kulit wajah, terutama saat kamu sedang bekerja atau kondisi tangan nggak bersih.

4. Rutin gunakan pelembab

Selama ini banyak yang masih menganggap menggunakan pelembab pada kulit berjerawat bisa memperparah kondisi jerawat. Padahal kenyataannya adalah sebaliknya. Penggunaan pelembab justru membantu menjaga kulit tetap sehat. Hanya saja yang menjadi perhatian adalah penyesuaian pada jenis kulitmu.

Menurut Journal of the American Academy of Dermatology, perawatan untuk kulit berjerawat karena penggunaan masker, disarankan menggunakan pelembab perawatan jerawat yang salah satunya mengandung clindamycin, zat yang juga terkandung dalam Norm Day Cream dari rangkaian Essential Acne Kit yang efektif mengatasi jerawat dan memudarkan noda bekas jerawat.

Selain mengatasi jerawat dengan hal-hal di atas, kamu juga bisa selingi dengan melepas masker setiap beberapa jam sekali. Namun, jangan sembarangan untuk melepas masker, pilih tempat yang sesuai dan aman serta jauh dari keramaian.

Related Article