Diskon 15% hemat hingga 200 ribu di pesanan pertama untuk Hair Loss atau Acne! Gunakan promo: DISKON15 Diskon 15% hemat hingga 200 ribu di pesanan pertama untuk Hair Loss atau Acne! Gunakan promo: DISKON15 Diskon 15% hemat hingga 200 ribu di pesanan pertama untuk Hair Loss atau Acne! Gunakan promo: DISKON15
Hubungi Kami
CART
CART
Jika anda sudah melakukan konsultasi atau memiliki akun, silakan Login disini.
NOTE: Jika sudah memiliki akun Elio, silakan login dengan email dan password yang sama.
Next step
Jawab pertanyaan dokter
Isi kuisioner singkat agar dokter dapat meninjau permasalahan kamu.
Selesaikan pemesanan
Selesaikan pemesananmu dan lakukan pembayaran.
Pengiriman cepat
Perawatanmu akan dikirim kemanapun kamu berada.
Dengan mengklik tombol Lanjut, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan dan Kebijakan Privasi yang berlaku.
CART
Login
Don’t have an account? SIGNUP

3 Masalah Rambut yang Paling Sering Dialami Pria

Hair Loss
1 October 2020

Preview 30 Seconds

Jika wanita mengalami rambut rontok akibat hormone atau styling rambut yang berlebihan, maka penyebab rambut rontok pada pria akan berbeda. Namun, bukan cuma rontok aja masalah rambut yang dialami pria, beberapa masalah rambut lain juga sering dialami dan nggak bisa disepelekan meski nggak berbahaya.

Setiap orang pasti pernah mengalami masalah pada rambut. Namun, masalah pada rambut pria berbeda dengan wanita, begitu pula dengan penyebabnya.

Seringkali pria mengalami masalah pada rambut namun mengabaikannya dan menganggap sepele masalah tersebut. Mengatasi rambut bermasalah nggak cukup kalau hanya dirawat dengan shampoo saja karena rambut juga butuh nutrisi dan vitamin ekstra, baik dari luar maupun dalam tubuh.

Masalah Rambut Pria Paling Sering Dialami

Pria cenderung memiliki masalah rambut yang disebabkan oleh hormon dihidrotestosteron (DHT) yang berlebihan. Hormon DHT diproduksi oleh testosteron yang mana kadarnya lebih banyak terdapat pada pria dibanding wanita.

Beberapa permasalahan rambut pria di antaranya adalah:

1. Kebotakan

Kebotakan seringnya menjadi masalah yang cukup menakutkan bagi sebagian besar pria karena bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri. Kebotakan biasanya terjadi pada usia 50 tahun ke atas, namun nggak sedikit juga yang mengalami kebotakan di usia muda atau yang sering disebut dengan kebotakan dini.

Faktor yang menyebabkan kebotakan bisa karena penuaan atau hormonal dari hormon DHT dan sirkulasi darah yang kurang baik ke kulit kepala dan rambut. Faktor genetik juga bisa menjadi pemicu kebotakan.

Jangan lupakan makanan yang masuk ke tubuhmu juga memberikan pengaruh terhadap masalah rambut. Nutrisi yang tepat untuk rambut bisa membantu menguatkan rambut dan tentunya menjadikan rambut lebih sehat.

2. Penipisan rambut

Rambut menipis merupakan bagian dari pertambahan usia dan pria juga berpotensi mengalami penipisan rambut lebih cepat dari wanita. Penipisan rambut berkaitan era dengan hormon androgen, hormon yang memengaruhi proses tubuh pada masa pubertas dan juga pertumbuhan rambut.

Kadar hormon DHT yang tinggi bisa menyebabkan siklus rambut menjadi bermasalah sehingga rambut bisa menjadi tipis karena pertumbuhannya terhambat.

Siklus rambut terdiri dari 3 fase, yaitu :

  • Fase Anagen
    Setiap folikel mendukung pertumbuhan satu rambut sedikit di bawah setengah inci per bulan selama sekitar 2 hingga 6 tahun.
  • Fase Katagen
    Folikel akhirnya mengerut dan memotong rambut dari suplai darah di bawahnya, mendorong rambut keluar secara permanen.
  • Fase Telogen
    Folikel menghabiskan beberapa bulan untuk beristirahat dan akhirnya menghasilkan rambut baru.

Saat rambut terjadi penipisan, pada fase telogen, siklus rambut seharusnya berlanjut ke anagen namun terhenti atau lambat sehingga pertumbuhan rambut baru menjadi terkendala dan rambut menjadi tipis.

3. Rambut rontok

Masalah rambut rontok menjadi masalah yang paling sering dialami pria. Jika kamu merasa rambut mengalami kerontokan, jangan khawatir dulu. Rambut rontok merupakan hal yang wajar selama masih berada pada batas normal, yaitu antara 50 – 100 helai per hari. Rambut rontok bisa terjadi saat kamu menyisir rambut, saat keramas, bahkan saat tidur.

Rambut rontok bisa disebabkan oleh berbagai hal, di antaranya adalah homron DHT yang berlebihan, stres, hingga konsumsi makanan yang kurang sehat semacam fast food. Mulai beralih ke pola hidup sehat dengan konsumsi makanan yang penuh vitamin dan nutrisi serta olahraga teratur.

Solusi untuk Mengatasi Masalah Rambut

Ketika kamu mengalami masalah rambut di atas, nggak perlu khawatir. Kamu bisa mengatasinya dengan beberapa hal berikut yang pastinya mudah untuk dilakukan.

1. Mengatur pola makan

Percaya atau nggak, pola makan bisa memengaruhi kondisi kesehatan kamu. Jika kamu terlalu sering mengonsumsi fast food maka tubuhmu akan mengalami gangguan kesehatan karena fast food merupakan makanan yang mengandung tinggi lemak.

Mulai ubah pola makan secara teratur 3x sehari yang diselingi dengan camilan sehat. Jangan lupa untuk memasukkan sayur dan buah pada menu diet harian kamu untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh, terutama rambut.

2. Rutin olahraga

Olahraga bisa meningkatkan fungsi otak, menjaga kesehatan tubuh, dan pastinya menjaga aliran darah bekerja dengan lancar. Bila sebelumnya kamu nggak rutin berolahraga, maka mulai dari sekarang kamu harus rutin untuk olahraga.

Lakukan olahraga tiap pagi, setidaknya 30 menit. Kamu bisa melakukannya sebelum memulai aktivitas sambil berjemur pagi. Kamu dapat memilih olahraga rigan seperti jalan kaki atau lari. Selain itu, kamu juga bisa melakukan yoga atau meditasi.

3. Hindari begadang

Nah, para pria nih sering banget melakukan kegiatan satu ini, apalagi jika sudah ada agenda yang berkaitan dengan hobi yang mengharuskan begadang, pasti akan dilakukannya. Kita tahu bahwa tubuh sudah memiliki jam biologis yang harus dipenuhi porsinya setiap hari.

Jika kamu sering begadang, maka tubuh pasti akan mengalami gangguan. Porsi tidur umumnya 7 – 8 jam sehari. Apabila tubuh kurang istirahat maka akan kelelahan dan memicu gangguan pada kesehatan, seperti serangan jantung, kegemukan, hingga masalah pada kulit dan rambut. Atur pola tidur sebaik mungkin dan cukupi kebutuhan istirahat secukupnya.

4. Perawatan rambut rontok

Masalah rambut seperti rontok dan penipisan rambut harus diatasi sesegera mungkin untuk mencegah kebotakan terjadi. Norm menawarkan rangkaian produk perawatan rambut rontok, Complete Hair Loss Kit yang bekerja efektif menghentikan kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut sehingga penyebab rambut rontok dapat diatasi.

Gunakan perawatan secara rutin selama 3 bulan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Lakukan perawatan secara konsisten. Jika kamu nggak melakukan perawatan secara konsisten maka obat nggak akan bekerja maksimal dan pastinya hasil yang kamu inginkan nggak akan tercapai. Maka, lakukan perawatan dengan konsisten dan teratur sesuai petunjuk.

Related Article